Advertisement

banner image

Social Media

banner image

Imunoglobulin : Protein Pelindung Tubuh

Imunoglobulin: Protein Pelindung Tubuh

Saat usia balita, kita sering dibawa ke posyandu atau puskesmas untuk imunisasi. Kenapa ya kita harus diimunisasi? Untuk apa imunisasi itu?
imunisasi
Ternyata setiap hari tanpa kita sadari, tubuh kita diserang oleh berbagai virus dan bakteri. Apabila virus dan bakteri berhasil menembus pertahanan tubuh, maka tubuh akan terserang penyakit. Untuk mencegah hal ini, tubuh memiliki mekanisme pertahanan yang disebut sistem kekebalan tubuh atau imunitas. Jadi, imunisasi yang diberikan di posyandu atau puskesmas pada usia balita merupakan upaya untuk merangsang/meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu.
Berdasarkan informasi dari buku Denniston, et.al. “General, Organic and Biochemistry”, sistem imun memiliki tiga karakteristik yaitu :
  1. Sistem imun bekerja spesifik, artinya respon imun hanya kebal terhadap satu penyakit tertentu.
  2. Sistem imun memiliki memori, artinya ketika sistem imun telah melawan suatu infeksi, tubuh akan terlindungi terhadap infeksi kembali oleh virus/bakteri yang sama. Contohnya, penyakit gondok, campak dan cacar umumnya hanya diderita sekali seumur hidup. Lalu bagaimana dengan demam dan flu yang dapat diderita berulang kali? Demam dan flu yang diderita berulang kali disebabkan oleh banyak “strain” yang berbeda meskipun berasal dari virus yang sama. Jadi, setiap strain ini dianggap "baru" oleh sistem kekebalan tubuh.
  3. Sistem imun dapat mengenali "dirinya" dan "bukan dirinya".Ketika kita lahir, sistem kekebalan tubuh kita sudah mengenali semua antigen dari tubuh kita sehingga sistem imun tidak akan melakukan penyerangan terhadap antigen tersebut. Namun, beberapa individu menderita cacat karena respon imun yang menyerang sel-sel tubuhnya sendiri. Hal ini dikenal dengan reaksi autoimun. Contoh penyakit autoimun adalah penyakit lupus yang ditandai dengan timbulnya ruam diwajah yang menyerupai sayap kupu-kupu yang disebut dengan malar rash.

malarh-ras
Berbicara tentang sistem imun selalu dikaitkan dengan antibodi. Apa sih keterkaitan diantara keduanya? Ternyata salah satu aspek dari respon imun adalah sintesis imunoglobulin atau antibodi yakni protein pelindung tubuh yang secara khusus mengikat satu makromolekul antigen. Antibodi ini diproduksi oleh sel-sel darah putih khusus (limfosit B). Setiap sel limfosit B hanya menghasilkan satu jenis antibodi yang khusus untuk target antigennya.
picture1
Molekul imunoglobulin  mengandung empat rantai peptida yang dihubungkan oleh ikatan disulfida dan disusun dalam struktur kuaterner berbentuk Y. Ada beberapa jenis molekul antibodi yakni IgG untuk melindungi janin sebelum kelahiran, IgM untuk menanggapi infeksi, IgA untuk melindungi permukaan tubuh dan melindungi bayi yang baru lahir, IgD terlibat dalam regulasi sintesis antibodi, dan IgE yang bertanggung jawab untuk "kelebihan" reaksi imunologis untuk partikel debu.

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan adalah “Bagaimana mekanisme kerja vaksin yang diberikan saat imunisasi dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita terhadap penyakit?” Jawabannya : setelah diimunisasi/divaksinasi, sel dendrit yakni sel yang berperan dalam sistem kekebalan tubuh akan mengenali antigen asing yang masuk ke dalam tubuh. Contohnya setelah kita melakukan vaksinasi untuk sel kanker, maka saat ada sel kanker yang masuk ke dalam tubuh, sel dendrit akan dengan mudah mengenali antigen dari sel kanker dan memulai fagositosis sel-sel kanker tersebut. Selanjutnya, sel dendrit akan mentransfer informasi mengenai antigen kanker ke limfosit B yang berfungsi untuk menghasilkan antibodi (imunoglobulin) untuk memerangi zat asing. Berdasarkan informasi yang diterimanya, antibodi (immunoglobulin) yang dihasilkan oleh limfosit B  dapat menyerang sel-sel kanker tersebut sehingga tubuh kebal terhadap sel kanker.
picture3
Antibodi (imunoglobulin) berperan penting untuk melindungi tubuh dari penyakit akibat virus dan bakteri. Salah satu upaya untuk meningkatkan kekebalan tubuh adalah dengan imunisasi / vaksinasi. Selain itu, pola hidup yang sehat juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. So, mari hidup sehat !!! :)


 SEMOGA BERMANFAAT
Imunoglobulin : Protein Pelindung Tubuh Imunoglobulin : Protein Pelindung Tubuh Reviewed by ChemEduMedia on Mei 07, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.